top of page
Search
  • Writer's pictureYuki Tanaka

Yang Dilakukan Marquez Merusak Sportifitas MotoGP


TorqueTechno - Gencatan senjata antara Valentino Rossi dan Marc Marquez hancur di Race Argentina hari Minggu kemarin, ketika ada kontak dari juara bertahan Marquez dan legenda hidup Valentino Rossi di lap lap akhir motogp Argentina.


Rossi sampai mengecap Marquez adalah pengendara 'kotor' setelah insiden itu, dan menambahkan bahwa dia telah 'menghancurkan olahraga kami' karena kurangnya rasa hormat untuk pembalap lain. The Doctor bahkan mengklaim Marquez melakukan kontak dengan sengaja dan 'berharap Anda(Rossi) crash'.


Sebelumnya Marquez melakukan overtaking agresif dengan Aleix Espargaro yang menyebabkan ada kontak antara keduanya namun beruntung tidak ada yang terjatuh, namun Marquez melakukan overtaking yang sama terhadap Rossi untuk perebutan posisi ke 6, nahasnya rossi melebar dan terjatuh tatkala menginjak rumput basah, ia bangkit untuk menyelesaikan balap dan finis di urutan 19 sementara Marquez berhasil finis di urutan ke 5, namun terdegradasi dari urutan ke 5 menjadi 18 setelah mendapatkan penalti 30 detik.



"Saya baik-baik saja tetapi ini adalah situasi yang sangat buruk karena dia menghancurkan olahraga kami, karena dia tidak menghormati lawannya, tidak pernah," kata Rossi. "Jika Anda mengambil contoh apa yang terjadi akhir pekan ini, satu per satu hal-hal ini dapat terjadi pada semua orang. Anda dapat membuat kesalahan dalam pengereman. Anda dapat menyentuh orang lain. Terjadi. Ini balapan. Tapi dari Jumat pagi dia membuat seperti ini dengan Vinales, Dovizioso. Dia membuat seperti ini denganku pada hari Sabtu pagi. Dan hari ini dalam perlombaan dia melakukannya ke empat pengendara.


"Marquez menghancurkan olahraga kami, karena dia tidak menghormati rivalnya, tidak pernah." Valentino Rossi.

"Dia melakukannya dengan sengaja - dan itu bukan kesalahan - karena dia menunjukkan kaki, antara kaki dan sepeda, karena dia tahu bahwa dia tidak tabrakan, tetapi Anda tabrakan. Dia berharap Anda tabrakan. Jadi, jika kamu mulai bermain seperti ini, itu seperti kamu menaikkan level ke titik yang sangat berbahaya. Karena jika semua pembalap berlomba seperti ini, tanpa rasa hormat kepada para rival, ini adalah olahraga yang sangat berbahaya dan itu bisa berakhir dengan cara yang buruk." Rossi menyerukan aksi keras dari Direktur Ras Mike Webb, mengatakan dia sekarang 'takut' untuk balapan dengan Marquez.


"Mereka harus melakukan sesuatu agar Marquez tidak bertingkah lagi seperti ini. Karena tahun ini di tikungan pertama di Qatar dia menyentuh kaki Zarco dan Dovizioso. Di sini dengan Vinales dalam latihan bebas. Hari ini di saat race, ie melakukan kepada saya.



"Saya melihat di papan pit dia satu detik lebih cepat dari saya. Saya tidak kuat hari ini. Jadi mengapa dia tidak menyusul saya di tikungan berikutnya? Tapi ketika dia datang kepada saya, dengan sengaja ke saya, di sepeda saya, kakiku, untuk membuatku keluar dari barisan dan jika aku jatuh, dia juga lebih bahagia. Saya "takut" di trek ketika saya dengan Marquez. Saya takut hari ini ketika saya melihat namanya di papan pit karena saya tahu bahwa dia datang kepada saya. Jadi Anda harus berpikir, berharap, bahwa Anda tidak jatuh.


"Saya bukan Race Direction, mereka akan memutuskan. Tapi seperti ini, dia menghancurkan olahraga kami. Ketika Anda pergi di 300 kilometer per jam di lintasan, Anda harus memiliki rasa hormat untuk pembalap lain. Anda harus kuat. Anda harus berbuat maksimal. Tapi jika seperti ini, motogp sudah berakhir. "


Meskipun perkataan rossi itu sangat tidak mungkin bahwa ada tindakan lebih lanjut oleh Race Direction, karena mereka telah memberikan hukuman 30 detik (efektif pasca balapan) dan tidak dapat memberikan hukuman kedua untuk pelanggaran yang sama.


"Ketika dia melakukannya, itu seperti saya tertawa, karena terlalu banyak. Saya tidak memiliki hubungan dengan Marquez setelah 2015, jadi hari ini tidak mengubah apa pun. Saya hanya mengatakan 'Ciao' [ketika kami bertemu] karena itu lebih mudah, saya kehilangan sedikit waktu.


"Tapi rasa hormat adalah cerita lain. Ada sesuatu antara kamu dan aku. Ini berbahaya. Jadi dia pergi ke Aleix Espargaro di kecepatan 200 kilometer per jam, jika menyentuh stang, dan menabrak, kamu akan terjatuh. Jadi mengapa kita harus balapan seperti ini?



"Kami adalah MotoGP dan kami adalah bagian olahraga sepeda motor ini. Jika setiap orang mulai berperilaku seperti ini, itu seperti kerusakan. Hanya dia(Marquez) yang tiba di akhir(finis), mungkin!


"Tapi bagiku, seperti yang aku katakan, Race Direction memiliki tanggung jawab yang besar. Mereka harus melakukan sesuatu. Hormat aku tidak merasa terlindungi dari Race Direction. Perlombaan berikutnya jika tidak ada yang terjadi, dia akan melakukan hal yang sama.


"Juga saya tidak akan bertarung dengannya, karena saya tahu dia menaikkan level. Dia tidak bermain bersih. Dia bermain kotor."


weh weh weh makin rame aja ini perseteruan antara Rossi dan Marc Marquez, dalam pernyataan rossi tersebut ia mengungkapkan bahwa benar benar kesal dengan apa yang si perbuat Marquez,... serunya drama motogp argentina


danke,...

6 views0 comments
bottom of page